3 Cara Aktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android

Cara mengaktifkan fitur night mode /mode gelap saat di facebook android - Sering berlama-lamaan di facebook?. Tapi kondisi pencahayaan layar yang terlalu terang dapat membuat mata Kamu menjadi cepat perih? Maka hal yang seperti itu tentu tidak lah baik untuk kesehatan mata dan harus Kamu perhatikan betul mengenai tampilan yang nyaman untuk mata, dengan cara mengaktifkan fitur night mode (mode malam) ketika sedang menggunakan facebook.

Fitur night mode atau bisa disebut dengan mode malam ini, akan membuat merasa lebih nyaman ketika sedang melihat-lihat facebook meskipun kondisi pencahayaan disekitarmu terasa gelap atau minim pencahayaan. Entah itu karena kondisi ruangan yang gelap dan tidak adanya pencahayaan dari lampu ataupun sengaja mematikan lampu karena alasan lebih nyaman dengan suasana yang gelap-gelapan.

3 Cara Aktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android

Dikutip dari situs Idntimes, selain dapat membuat pengguna lebih merasa nyaman saat menatap layar, fitur night mode dengan ini diyakini juga dapat menghemat konsumsi layar dari smartphone. Pasalnya, dengan kondisi layar yang gelap dengan warna hitam, maka akan membuat smartphone tidak perlu untuk bekerja terlalu berat untuk menyalakan LED maupun OLED yang berada pada bagian dalam smartphone.

Nah, seperti apa itu fitur night mode dan bagaimana cara menggunakan fitur tersebut ketika sedang berada di facebook? Jika Kamu sebelumnya pernah mengaktifkan mode dark mode pada aplikasi youtube, maka kurang lebihnya maka tampilannya akan terlihat seperti itu, sebagian besar tampilannya akan terlihat warna hitam. Dan cara untuk mengubah tampilan ke night mode saat sedang di facebook ini bisa kalian nikmati dengan 3 cara berikut ini.

1. Mengaktifkan fitur dark mode/mode gelap pada facebook messenger

Aplikasi facebook messenger adalah salah satu pintasan aplikasi facebook dalam hal untuk melakukan pengiriman pesan. Di aplikasi ini pengguna facebook dapat melakukan obrolan bersama dengan temannya secara cepat dan mudah. Pada aplikasi facebook messenger, kalian juga dapat mengaktifkan fitur dark mode, namun untuk caranya bisa dibilang tersembunyi. Jadi, yang perlu kalian lakukan pertama kali jika ingin mengubah ke tampilan dark mode, yaitu dengan memunculkan fitur dark mode-nya terlebih dahulu. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak dan ikuti saja dibawah ini.

  • Langkah pertama pastikan Kamu telah menginstall aplikasi facebook messenger dan juga telah masuk ke akun facebook kalian.
  • Kemudian untuk mengaktifkan fitur night mode/dark mode di facebook messenger, yaitu dengan cara mengirim pesan ke teman berupa emoji bulan sabit. Untuk letaknya bisa kalian temukan dengan klik ikon emoji - klik tulisan emoji - klik emoji beruang. Nah, disitu kemudian Kamu akan melihat ikon emoji bulan sabit. 

3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android
  • Selanjutnya klik ikon emoji bulan sabit tersebut dan kirimkan ke teman facebook kalian dan seketika itu hujan bulan sabit pun akan turun dan selanjutnya kamu tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa pengaturan mode gelap sudah tersedia. 
3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android
  • Jika muncul klik notifikasi tersebut dan kemudian Kamu akan langsung dibawa ke pengaturan untuk mengaktifkan mode gelap atau night mode.
Dan setelah melakukan langkah-langkah diatas maka kamu bisa menikmati tampilan dalam facebook messenger dengan tampilan background berwarna hitam pada tiap menu-menu yang ada. 

3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android

Baca Juga - Cara membuat tulisan berwarna-warni seperti pelangi di facebook

2. Mengaktifkan night mode facebook dengan aplikasi android

Untuk cara yang kedua yaitu jika kalian ingin menikmati fitur night mode di facebook maka, kamu bisa mengaktifkan dark mode facebook dengan menggunakan aplikasi android yang bernama friendly for facebook . Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk dapat menikmati facebook dengan fitur night mode atau mode malam. Untuk langkah-langkah aktifkan mode malamnya adalah sebagai berikut :
  • Download dan install aplikasi friendly for facebook melalui google playstore.
  • Selanjutnya login atau masuk ke akun facebook milikmu.
  • Setelah berhasil masuk, maka kemudian untuk mengubah tampilan menjadi mode malam/night mode, kalian klik pada menu setting di tandai dengan ikon roda gigi yang terletak di pojok kanan atas dan berikutnya klik atau ON kan pada panel night mode seperti pada gambar berikut ini.  
3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android


3. Mengaktifkan fitur night mode pada browser di hp android


Untuk mengaktifkan fitur night mode atau biasa juga disebut dengan fitur dark mode ketika sedang facebook-an, ini bisa kalian nikmati dengan cara menggunakan aplikasi browser. Jadi untuk dapat menggunakan night mode/mode gelap saat di facebook, maka Kalian hanya perlu melakukan setting atau pengaturan pada aplikasi browser yang kalian gunakan. Dan untuk cara settingannya dari masing-masing browser berbeda-beda. Dan berikut ini Kami jelaskan beberapa settingan mode malam pada aplikasi browser di android.
  • Jika kalian menggunakan aplikasi UC browser untuk Facebook-an, maka untuk mengaktifkannya fitur night mode atau mode malamnya di aplikasi uc browser ini bisa kita lakukan dengan mudah. Untuk caranya yaitu masuk ke situs facebook dan kemudian klik menu paling tengah pada uc browser yang ditandai dengan garis tiga. Dan setelah itu klik pada ikon bulan yang bertuliskan malam.   
3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android
  • Lain halnya jika kalian biasa Facebook-an dengan menggunakan browser opera mini di android yaitu cara mengaktifkan tampilan night mode-nya ini juga sangatlah mudah sekali, tinggal tekan di bagian menu opera mini dan kemudian klik pada ikon bulan sabit. Maka setelah itu tampilannya akan langsung berubah menjadi terlihat gelap, namun berbeda dengan browser uc browser yang tampilan backgroundnya berubah menjadi berwarna hitam. 
3 Cara mengaktifkan Night Mode (Mode Gelap) Saat Di Facebook Android


Oke, mungkin itulah 3 cara mengaktifkan night mode/mode gelap saat di facebook android, semoga cara diatas dapat bermanfaat buat kalian para pembaca. Sekian dan selamat mencoba tutorialnya.