Memahami Insight Instagram Sebagai Cara Analisa Marketing Bisnis

Insights instagram bisnis - Ketika akun instagram telah diubah dari yang tadinya akun pribadi menjadi akun bisnis, maka setelah itu Kamu akan dapat menikmati yang namanya fitur insight instagram. Nah, untuk pengertian insight di instagram itu sebenarnya apa?. Dan berikut ini pengertiannya.

Memahami Insight Instagram Sebagai Cara Analisa Marketing Bisnis

Instagram Insights adalah alat analisis asli yang menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut, serta konten Anda. Informasi ini memudahkan untuk membandingkan konten, mengukur kampanye, dan melihat bagaimana kinerja masing-masing posting. (sumber:sosialmediaexaminer)

Dalam beberapa kasus, menganalisis data-data yang ada pada fitur instagram insight menjadi sangat penting nampaknya jika kita menjalankan bisnis dengan adanya dukungan dari sosial media seperti instagram ini. Karena nantinya selain kita dapat data-data target konsumen, kita juga dapat mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih tertarget.

Baca Juga - Cara Buat Instastory Keren Yang Bikin Orang Lain Penasaran

Di dalam fitur instagram insight ini, terdapat menu-menu yang bisa membantu kita dalam menganalisa marketing yang dijalankan dalam bisnis yang antara lain Aktifitas(activity), Konten(content), Pemirsa(audience). Dan pada kesempatan kali ini Kami akan membahasnya untuk Anda semua satu persatu diantara menu-menu tersebut.

1. Aktifitas (activity)

Memahami Insight Instagram Sebagai Cara Analisa Marketing Bisnis

Pada menu aktifitas, pengguna instagram dapat melihat beberapa informasi mengenai terkait akun instagram miliknya yang antara lain sebagai berikut.

  • Interaksi (interactions)

apa itu interaksi? interaksi adalah set insight yang mengukur tindakan yang diambil oleh orang-orang saat berinteraksi dengan akun Milikmu. Pada menu interaksi ini, akan menampilkan beberapa informasi mengenai berapa banyak jumlah kunjungan profil dalam rentan waktu tertentu. Dengan begitu Kamu dapat terus melihat perkembangan akun bisnis instagram milikmu. Dan juga melakukan tindakan-tindakan yang mengarah pada perkembangan jumlah pengunjung di akun instagram.

  • Jelajah (discovery)
Merupakan sebuah Set insight yang mengukur berapa banyak orang yang melihat konten Kamu dan tempat menemukannya. Disini Kamu dapat melihat beberapa informasi seperti jangkauan dan impresi.

Apa itu jangkauan (reach) di insight instagram? jangkauan ini maksudnya adalah jumlah akun unik yang sudah melihat postingan Kamu dalam rentan waktu tertentu. Metrik jangkauan ini akan berupa perkiraan atau prediksi dimana hal ini mungkin tidak sesuai.

Apa arti impresi di instagram? Impresi (impressions) dalam instagram adalah total jumlah berapa kali kiriman Anda dilihat. Dan biasanya jumlah impresi ini akan termuat dari kurun waktu tertentu.


2. Konten (content)

Memahami Insight Instagram Sebagai Cara Analisa Marketing Bisnis

Pada menu instagram insight yang satu ini yaitu menampilkan informasi tentang konten yang kamu posting di instagram. Hal tersebut mencangkup postingan foto atau video, cerita atau story dan juga promosi. Dan pada menu tersebut Kamu dapat langsung membuat cerita, membuat promosi, ataupun membuat postingan di instagram agar nantinya kamu dapat mengetahui informasi mengenai insight terbaru pada akun instagram milikmu.


3. Pemirsa (audience)

Memahami Insight Instagram Sebagai Cara Analisa Marketing Bisnis

Pada menu pemirsa yang ada pada insight instagram ini kamu akan dapat melihat informasi mengenai orang-orang yang melihat akun instagram milikmu. Pada bagian paling atas pada menu ini akan menampilkan berapa banyak jumlah follower atau pengikut yang ada di akun Instagram milikmu.

Dan selain itu pada menu, ini menyajikan informasi yang tak kalah penting yaitu mengenai data-data dari para pengunjung akun IG kita, yang antara lain adalah sebagai berikut.

  • Lokasi teratas
Di menu ini akan menunjukan informasi terkait tempat asal dari para pengunjung profil akun instagram kita. Dan disini Kamu dapat melihat dari mana saja pengunjung akun instagram kita berdasarkan kota dan negara. 

Dan jika Kamu menjalankan bisnis, maka mengetahui lokasi para pengunjung instagram ini sangatlah penting. Misalnya saja kita berbisnis jualan online, maka nantinya kita dapat lebih menargetkan untuk jualan ke tempat atau lokasi terbanyak dari para pengunjung.
  • Rentan Usia
Pada fitur ini, Kamu akan dapat mengetahui informasi mengenai usia dari para pengunjung akun bisnis instagram kita. Informasi ini ditampilkan dalam bentuk grafik yang menunjukkan kisaran umur dari para orang yang melihat instagram kita. 

Tentu saja, data ini akan membantumu untuk mengetahui berapa rata-rata umur pengguna instagram yang tertarik dan melihat akun instagram milikmu. Jadi Kamu dapat lebih menargetkan produk yang kamu jual ke kisaran umur yang paling banyak mengunjungi profil instagram milikmu.

Baca Juga - Cara mengetahui berapa lama usia akun instagram kita

  • Jenis Kelamin
Di sini Kamu dapat mengetahui manakah yang lebih banyak pengguna yang berkunjung ke instagram kita berdasarkan jenis kelamin. Data tersebut akan menampilkan berapa persen dari pengunjung laki-laki dan berapa persen pengunjung berjenis kelamin perempuan.
  • Pengikut /followers
Informasi ini menampilkan rata-rata pengikut  Anda sedang menggunakan instagram. Disini ditampilkan berdasarkan jam dan juga hari. Jika pengikut berdasarkan jam ini menampilkan waktu rata-rata saat pengikut anda berada di instagram pada hari tertentu. Dan jika pengikut berdasarkan hari ini maksudnya adalah hari dalam seminggu ketika pengikut anda paling aktif.
  

Oke mungkin itu lah pembahasan tentang instagram insight untuk analisis marketing bisnis. Semoga dapat bermanfaat ulasannya dan terimakasih atas kunjungannya.