Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF Di HP Android

Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF di Hp Android - Beberapa waktu lalu ketika Saya akan mengirimkan surat lamaran kerja via email maka pastinya tidak terlepas dengan yang namanya file pdf. Karena pastinya file yang kita lampirkan pada surat lamaran kerja atau CV, haruslah menggunakan file dengan format .pdf. Nah, pada saat itu Saya mencoba melakukan tiap pengeditan melalui hp android saja. Dengan bermodalkan aplikasi gratis yang saya download melalui google playstore. Mulai dari melakukan scan file, meng-convert file dari jpg ke pdf, menggabungkan file pdf, dan juga menghapus atau memisahkan file pdf yang telah tergabung menjadi satu file.

Nah, karena waktu itu Saya melakukan pemindaian/scan file data pribadi saya menggunakan hp xiaomi maka Saya tak perlu mendownload aplikasi lagi, karena memang di hp xiaomi sudah ada aplikasi bawaan yang dapat kita gunakan untuk melakukan scanning. Namun, di aplikasi ini sayangnya untuk hasilnya masihlah menggunakan format jpg. Jadi perlu untuk mengubah format jpg ke pdf setelah itu.
Dan untuk melakukan convert file jpg ke pdf, menggabungkan file pdf, memisahkan atau menghapus halaman di file pdf disini Saya membutuhkan bantuan satu buah aplikasi yang bernama I Love PDF. Di aplikasi ini, menyediakan berbagai fitur yang lengkap dalam urusan pengeditan file pdf. Dan yang lebih kerennya lagi di aplikasi ini semuanya menggunakan bahasa Indonesia, jadi akan lebih mudah untuk dipahaminya.

Sesuai dengan judul diatas, maka disini Saya akan membahas mengenai cara menghapus atau memisahkan halaman file pdf  yang tergabung menjadi 1 file menggunakan hp android dengan bantuan aplikasi android yaitu I Love PDF. Nah, bagaimana cara melakukannya? simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Dan Memisahkan File PDF Yang Tergabung Lewat Android :

  • Langkah pertama yaitu download aplikasi I Love PDF terlebih dahulu jikalau kalian belumlah mendownloadnya.
  • Setelah itu kemudian jalankan aplikasinya dan klik pada menu Pisahkan PDF, kemudian cari dimana letak file pdf yang ingin di pisahkan/dihapus. Jika kalian menyimpan filenya dalam memori penyimpanan di android, maka kalian bisa klik pada perangkat dan kemudian klik pada tanda tambah di pojok kanan atas dan setelah itu klik file manager dan tinggal cari dimana lokasi folder tempat kalian menyimpan file pdf-nya. Dan kemudian jika sudah ketemu, lalu klik ok.
Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF Di HP Android
  • Selanjutnya file pun akan muncul pada menu perangkat seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Nah, disitu kalian beri tanda ceklis pada file tadi, dan kemudian klik berikutnya. Dan untuk di tahap ini pastikan kalian telah tersambung dengan koneksi internet ya, karena kalau data internet tidak aktif maka sudah dipastikan kalian tidak akan dapat melangkah ke tahap selanjutnya. 
Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF Di HP Android
  • Setelah itu maka akan berlanjut ke opsi pemisahan file pdf, Jika kalian ingin memisahkan suatu halaman file pdf, maka kalian bisa pilih pada pisah dengan rentang. Dan selanjutnya tinggal kalian atur sesuai dengan kebutuhan, misalnya dari nomor halaman berapa sampai nomor halaman berapa yang ingin dipisahkan. Dan jika sudah selesai mengaturnya maka pada tahap selanjutnya untuk memisahkan halaman file pdf yaitu tinggal klik pisahkan dan setelah itu tinggal menunggu proses pemisahan file-nya selesai. Dan selanjutnya nanti kalian bisa langsung melihat hasilnya ketika proses download file yang sudah dipisahkan selesai.
Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF Di HP Android
  • Lain halnya jika kalian sedang mengedit halaman file pdf dengan menghapus beberapa halaman di file pdf yang kalian miliki. Maka pada menu opsi pemisahan kalian tinggal pilih saja pada hapus halaman dan kemudian atur rentang halaman yang ingin dihapus misalnya dari nomor halaman berapa hingga berapa. Dan jika sudah diatur maka tinggal klik hapus halaman dan tinggal menunggu prosesnya selesai. Dan terakhir jika ingin melihat hasilnya langsung maka tinggal klik saja lihat file.
Cara Menghapus Dan Memisahkan Halaman File PDF Di HP Android


Oke, mungkin itu saja yang dapat Saya sampaikan mengenai cara menghapus dan memisahkan halaman file pdf di android. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih banyak. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat kalian temukan di blog Kami ini.