2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android

Cara Mengaktifkan Dark Mode/ Mode Malam Di Browser Chrome Android - Google chrome adalah salah satu aplikasi browser yang banyak digunakan orang. Bagaimana tidak, aplikasi browser yg satu ini juga merupakan aplikasi bawaan di hp android. Fiturnya yang begitu komplit juga menjadi salah satu faktor yang membuat orang nyaman menggunakan browser google chrome.

2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android

Dan ketika sedang browsing maka hal penting yang harus di perhatikan yaitu soal kenyamanan mata saat melihat layar hp. Karena masih banyak para pengguna yang tidak begitu mempedulikan hal tersebut. Padahal bukan tidak mungkin jika sedang melakukan kegiatan browsing membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca berbagai konten yang ada pada suatu situs web yang dikunjungi.

Terlebih lagi jika kondisi disekitar kita itu gelap atau minim akan pencahayaan, atau katakanlah pas sedang dimalam hari, maka fitur night mode akan membuat mata lebih nyaman dan tidak cepat perih ketika menatap layar dan melalukan browsing dengan google chrome di hp android milikmu.

Nah, maka dari itu dengan mengaktifkan fitur dark mode atau biasa juga disebut dengan fitur night mode di aplikasi browser google chrome android sepertinya memang sangat di perlukan sekali. Hal ini akan membuat mata lebih nyaman saat membaca atau berlama-lamaan browsing menggunakan google chrome.

Baca Juga :

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya fitur dark mode sudah tersedia di berbagai aplikasi browser seperti uc browser dan opera mini. Namun untuk google chrome sendiri untuk fitur dark mode ini merupakan fitur tersembunyi. Dan untuk mengaktifkannya memang butuh cara tersendiri.

Nah, bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode google chrome? Untuk dapat menikmati fitur dark mode atau google chrome dengan tema gelap, disini kita bisa dengan menggunakan 2 cara untuk dapat mengaktifkannya. Dan pada kesempatan kali ini saya bahas satu kedua cara tersebut satu persatu. Dan seperti apa caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Cara mengaktifkan dark mode di google chrome melalui tampilan sederhana

  • Langkah yang pertama yaitu buka aplikasi browser google chrome-nya dan kemudian lanjutkan dengan masuk ke situs web yang ingin dikunjungi. 
  • Setelah masuk ke halaman situs web yang diinginkan, maka selanjutnya tekan pada tanda titik tiga yang berada di bagian pojok kanan atas dan kemudian pilih pada opsi setelan.
  • langkah selanjutnya pada menu setelan, pilih aksesibilitas dan kemudian aktifikan tampilan tampilan sederhana dengan cara memberi ceklis di kotak box di sampingnya.
2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android
  • Berikutnya yang harus kalian lakukan adalah melakukan refresh atau muat ulang halaman dari situs web yang sedang dikunjungi dan maka nantinya akan langsung muncul notif dengan tulisan "tampilkan tampilan sederhana", disitu kalian langsung klik saja pada notif tersebut dan kemudian lanjutkan dengan mengeklik tanda titik tiga di sebelah sudut kanan atas.
2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android
  • Dan setelah itu maka akan tampil menu chrome, dan disitu bisa kalian lihat bahwa telah muncul opsi menu tampilan. Dan jika kalian klik pada menu tampilan, maka nantinya kalian akan dihadapkan dengan tiga pilihan yaitu mode gelap, mode terang dan mode sepia. Nah, jika kalian ingin mengaktifkan mode gelap atau dark mode di browser google chrome yang Kamu pakai maka pilih pada gelap. Dan seketika maka tampilan di halaman website yang sedang kalian kunjungi dengan  menggunakan browser chrome ini, akan berubah menjadi mode gelap atau biasa juga disebut dengan night mode atau mode malam.
2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android

Catatan :
Namun perlu kalian ketahui juga bahwa memang fitur dark mode di browser chrome ini tidak lah dapat diaktifkan pada beberapa situs yang memang tidak mendukungnya, dan hanya situs yang muncul notif tampilan sederhana saja yang dapat untuk mengaktifkan fitur mode gelap atau dark mode. Seperti salah satu contohnya yaitu jika kalian mengunjungi situs facebook, maka fitur tampilan sederhana untuk mengaktifkan night mode tidak dapat dilakukan alias tidak didukung. Namun jika kalian ingin mengaktifkan fitur night mode di facebook kalian bisa menggunakan 3 cara yang bisa kalian lakukan dan untuk caranya bisa kalian baca disini.

2. Cara untuk mengaktifkan dark mode di chrome melalui fitur eksperimental chrome

Sebelum ke langkah-langkah cara mengaktifkan fitur dark mode di chrome melalui cara yang kedua ini, maka alangkah baiknya kita lebih mengenal apa itu fitur eksperimental di browser chrome. Pengertian dari fitur eksperimental chrome adalah suatu fitur yang masih dalam tahap eksperimen atau masih dalam tahap pengembangan dan masih belum dirilis secara publik.

Nah, cukup paham bukan dengan penjelasan diatas mengenai fitur eksperimental chrome?. Dan salah satu fitur eksperimental di chrome yaitu fitur dark mode atau atau mode malam. Sebelum kalian menggunakan fitur ini pada pengaturan di fitur eksperimental chrome, maka kalian akan menemukan sebuah peringatan/ warning, yang mana bertuliskan seperti dibawah ini.

"WARNING: EXPERIMENTAL FEATURES AHEAD! By enabling these features, you could lose browser data or compromise your security or privacy. Enabled features apply to all users of this browser".

Dan jika tulisan tersebut diterjemahkan atau ditranslate maka bunyinya akan seperti ini. PERINGATAN: FITUR EKSPERIMENTAL KE DEPAN! Dengan mengaktifkan fitur-fitur ini, Anda dapat kehilangan data peramban atau membahayakan keamanan atau privasi Anda. Fitur yang diaktifkan berlaku untuk semua pengguna browser ini.

Nah, setelah menimbang dari pernyataan diatas, jika kalian masih penasaran dan tetap ingin mengaktifkan dark mode melalui fitur eksperimental google chrome, maka caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama pastikan kalian perbarui atau update terlebih dahulu aplikasi browser google chrome yang terinstall di hp android kalian. 
  • Selanjutnya jika sudah diperbarui, maka kemudian buka aplikasi chrome-nya kemudian kalian ketikkan chrome://flags di bilah alamat atau address bar pada browser chrome dan selanjutnya tekan enter. Dan perlu diingat pastikan kalian mengisi alamat url chrome://flags tepat di address bar, karena jika kalian mengetikannya dipencarian google maka nantinya pengaturan chrome://flags tidak lah muncul.
  • Setelah itu maka kalian akan langsung diarahkan menuju tampilan dari chrome flags. Dan untuk mengaktifkan dark mode atau mode malam di google chrome, maka kalian tinggal ketikkan saja "dark mode" di kolom pencarian yang tersedia dan setelah itu maka akan langsung muncul fitur eksperimental sesuai dengan pencarian tadi. Disini akan muncul dua opsi yaitu android web contents dark mode dan android chrome UI dark mode. Kalian tinggal ubah kedua opsi tersebut dari yang tadinya tersetting default maka ubah menjadi enabled.
2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android
  • Dan setelah diubah ke setelan enabled, kemudian klik Relaunch Now. Dan secara otomatis maka aplikasi browser google chrome kalian akan keluar dari aplikasi dan akan masuk kembali secara otomatis dengan tampilan yang telah berubah menjadi dark mode. Di tampilan dark mode google chrome ini akan terlihat tampilan google chrome-nya menjadi hitam. Dan selanjutnya jika kalian ingin beralih ke laman web yang lain maka kalian akan tetap menikmati fitur dark mode/ night mode di chrome android yang telah kalian setting. 
2 Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Malam Di Google Chrome Android

Catatan :
Jika suatu saat kalian bosen dengan tampilan dark mode di chrome atau merasa kurang nyaman, maka kalian bisa mengembalikan tampilannya seperti semula dengan cara buka chrome://flags dan kemudian ketikkan dark mode, dan setelah itu ubah kedua opsi android web contents dark mode dan android chrome UI dark mode ke setelan default



Oke, demikianlah cara mengaktifkan fitur dark mode di chrome android. Semoga cara diatas mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi kalian semua yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba..!!!