5 Fitur Penting Whatsapp Ini Sangat Dibutuhkan Namun Kadang Terlupakan

Berbicara mengenai fitur yang ada pada whatsapp, memanglah sangat beragam dan semakin kesini semakin komplit saja. Dengan selalu memperbarui ataupun memunculkan fitur baru di whatsapp, tentu saja hal tersebut membuat para penggunanya merasa nyaman dan betah menggunakan aplikasi whatsapp.

Fitur Penting Whatsapp Ini Sangat Dibutuhkan Namun Kadang Terlupakan

Karena saking banyaknya fitur di whatsapp, maka bukan tidak mungkin jika hal tersebut dapat membuat pengguna whatsapp tidak memahami dan tidak menggunakan fitur yang memang sebenarnya sangat lah diperlukan. Jika demikian maka pastinya penggunaan aplikasi whatsapp pun akan terasa kurang optimal dan mungkin akan membuat kesulitan saat dalam kondisi tertentu.

Baca Juga :

Maka dari itu pada kesempatan yang cerah merona ini, izinkan lah Kami untuk membahas seputar fitur pada whatsapp yang jarang orang gunakan namun sebenarnya sangat bermanfaat dan sangat perlu untuk digunakan atau di setting pada aplikasi whatsapp. Penasaran apa saja fitur penting di whatsapp tersebut?. Kuy lah, simak ulasannya berikut ini.

5 Fitur Whatsapp Yang Sangat Bibutuhkan Namun Kadang Terlupakan :


1. Fitur Tanda Bintang/Pesan favorit di Whatsapp

Apakah sudah mengetahuinya apa belum mengenai fitur ini?. Jika belum maka sayang sekali untuk dilewatkan. Pasalnya fitur ini sangat berguna sekali dan pakai banget lagi, karena dengan pakai fitur tanda bintang pada pesan chat di whatsapp, maka akan lebih memudahkan kita ketika sedang mencari sebuah pesan penting yang ada pada chat whatsapp antara Kamu dan teman.

Kejadian seperti diatas dapat kita contohkan misalnya cerita bermula ketika lawan chat mengirimkan pesan penting berupa nomor rekening karena alasan meminjam segelintir uang kepada dirimu, maka  kalau saja pesan tidak diberi tanda bintang, maka akan kesulitan dikemudian hari ketika mencari pesannya. Apalagi jika percakapan berlangsung begitu lama, dan sudah berada pada posisi atas banget, maka tentu saja akan lebih menyulitkan dalam pencarian pesan tersebut.

Bagaimana cara menggunakan fitur tanda bintang di whatsapp?. Sepertinya memang sangat simpel banget, karena kita hanya tinggal tekan dan tahan pesan chat yang dianggap penting, dan kemudian tinggal klik tanda bintang. Dan setelah itu maka pesan tersebut akan masuk kedalam daftar pesan favorit atau masuk ke dalam rombongan pesan yang kita beri tanda bintang. Jadi jika suatu saat entah kapan kamu membutuhkannya maka tinggal melihatnya pada daftar pesan favorit atau pesan berbintang saja alias tidak perlu scrool ke atas terus sampai gempor ketika mencari pesan yang dibutuhkan.

Dan untuk cara melihat daftar pesan berbintang di whatsapp, maka caranya seperti ini yaitu pada menu chat, Kalian klik pada tanda titik tiga di pojok kanan atas layar dan kemudian klik pada opsi pesan berbintang dan selanjutnya daftar pesan yang sudah Kamu kasih tanda bintang pun akan muncul.


2. Fitur Membedakan Nada Dering Notifikasi Pesan Yang Masuk di Whatsapp

Bagi Kamu yang punya teman spesial, entah itu pacar atau gebetan maka perlu mengatur notifikasi nada dering ketika ada pesan masuk di whatsapp-mu. Tujuannya apa? yaudah jelas pastinya yaitu agar tidak salah sangka, dikira dari gebetan malah taunya bukan dari dia, malah dari teman lama yang ngga ada kabar yang sekalinya ngabarin ternyata mau minjem duit.:v. (jangan baper, bercanda bro).

Nah, kasus salah sangka ternyata bukan pesan WA dari orang yang kita nanti-nantikan yang masuk, sepertinya sudah biasa terjadi atau dialami oleh khalayak ramai sepertinya. Maka dari itu agar Kamu tidak mengalami salah sangka seperti demikian, maka silahkan di setting untuk notif nada dering pesan yang masuk dari orang spesial ke whatsapp mu.

Bagaimana cara setting notif pesan di whatsapp agar nada deringnya berbeda?. Ngga usah penasaran ya tentang caranya, karena disini akan langsung Saya kasih tau, yaitu caranya masuk ke menu pesan obrolan antara Kamu dan Dia, kemudian lihat kontak dan selanjutnya pilih opsi notifikasi khusus. Tahap selanjutnya tinggal pilih nada dering dan sesuaikan notifikasi pesan atau panggilan dengan daftar nada notifikasi yang ada sesuai dengan selera Kalian masing-masing.


3. Fitur Kirim Foto Lewat Whatsapp Tanpa Mengurangi Kualitas/Resolusi

Sepertinya sudah hal yang lumrah atau sering terjadi dikalangan para pengguna whatsapp jika mengirimkan foto atau gambar itu menekan ikon kamera. Namun ternyata jika mengirim foto atau gambar melalui opsi tersebut, akan berkurang resolusi atau kualitas gambar/foto yang dikirimkan. Memang sih resolusi atau kualitas foto tidak selalu dipentingkan dalam beberapa jenis foto atau gambar.

Namun apa jadinya jika foto yang dikirimkan dari teman adalah foto-foto antara Kamu dan dia atau foto momen kebersamaan dan foto lain yang memang dipentingkan dari segi kualitasnya. Maka tentu saja Kamu ingin agar foto yang dikirimkan lewat WA tidak berkurang kualitasnya bukan?. Nah, maka dari itu jika ingin kualitas foto yang dikirimkan melalu aplikasi whatsapp tetap bagus atau tidak berkurang kualitasnya, maka yaitu dengan cara mengirimkan foto melalui lampiran file di whatsapp.

Untuk cara melampirkan file di whatsapp yaitu caranya tekan ikon paper klip yang letaknya di sebelah kiri ikon kamera. Dan kemudian jika ingin mengirimkan foto atau gambar tinggal tekan galeri dan selanjutnya pilih foto atau gambar yang ingin dikirimkan ke teman. Dan jika sudah maka klik kirim.


4. Mencari Pesan Di Grup Whatsapp Melalui Opsi Pencarian

Sepertinya untuk Kalian para pengguna whatsapp pastinya sudah tergabung pada suatu grup whatsapp bukan?. Nah, didalam grup whatsapp karena saking ramainya grupnya kadang membuat pesan-pesan yang dikirimkan cepat tertumpuk. Dan terkadang jika Kamu pernah menemukan suatu pesan yang dikirimkan oleh anggota grup dan berniat mencari pesan tersebut karena memiliki suatu tujuan tertentu maka akan kesulitan dengan hanya melakukan scrool atau menggulir layar saja terus.

Maka dari itu disini supaya lebih mudah dalam mencari pesan di grup whatsapp, gunakanlah fitur cari pesan grup whatsapp. Dan untuk langkah-langkahnya kami tuliskan seperti ini yaitu masuk ke percakapan digrup whatsapp, klik pada tanda titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik opsi cari. Setelah itu ketikan kata kunci pesan yang sedang dicari, maka dari itu ingat-ingat pesan yang dicari ada kata-kata seperti apa. Dan jika telah diketikkan kata kunci pesannya maka selanjutnya klik telusuri dan tinggal lihat hasilnya.


5. Fitur Penyimpanan File Whatsapp Agar Tidak Otomatis Tersimpan

Nah, untuk fitur ini memang sangat penting untuk kita setting di whatsapp kita. Pasalnya, jika tidak di setting ini akan membuat dampak yang luar biasa terhadap penyimpanan kita nantinya yaitu akan cepat penuh. Apalagi jika tergabung banyak grup whatsapp maka sangat direkomendasikan untuk setting pengaturan penyimpanan di whatsapp. Karena apa? Karena memang secara default di aplikasi whatsapp mengenai penyimpanan file ini akan langsung melakukan unduhan secara otomatis dan tentu saja akan langsung tersimpan di memori penyimpanan HP kita.

Untuk setting pengaturan penyimapan di whatsapp agar tidak tersimpan otomatis file yang berasal dari whatsapp ini kita hanya perlu mengaturnya sekali saja atau tidak perlu melakukannya berulang-ulang. Lalu bagaimana cara setting agar file dari whatsapp, entah itu berupa file foto ataupun video tidak langsung tersimpan secara otomatis ke galeri android?. Caranya cukup mudah ko kawan-kawan, namun untuk lebih lengkapnya mengenai cara setting hal tersebut, maka Kamu baca saja Disini.


Oke, mungkin itu saja postingan artikel kali ini mengenai 5 fitur penting whatsapp yang sangat dibutuhkan namun kadang terlupakan. Semoga dapat bermanfaat, dan jika terdapat kekurangan pada dari fitur yang telah disebutkan diatas maka bisa Kalian tambahkan sendiri melalui kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini. Terimakasih atas perhatiannya dan sampai jumpa dipostingan artikel mendatang.😊